Home » » Tahapan Detailing Mobil Bag. II (Clay)

Tahapan Detailing Mobil Bag. II (Clay)

Written By test on Sunday, June 28, 2015 | 9:36 PM

2. Clay


Melanjutkan pembahasan di postingan sebelumnya Tahapan Detailing Mobil Bag. I, tahapan selanjutnya dalam proses detailing mobil setelah proses pencucian (wash) sudah dilakukan adalah Claying. Apa itu Claying??

Clay disini bukanlah tanah liat dalam arti sesungguhnya. Di sebut clay karena sifatnya yang lembek bisa dibentuk-bentuk seperti tanah liat atau lilin mainan anak-anak. Claying ialah kegiatan membersihkan permukaan dengan menggunakan clay. Clay sebagai "built in applicator" yaitu sebuah alat bantu atau media yang digunakan untuk mengangkat kontaminasi kotoran yang melekat kuat di permukaan cat mobil yang tidak bisa dihilangkan melalui proses mencuci dan bahkan jika hanya dengan  wax. Clay bisa di aplikasikan juga pada permukaan halus lainnya seperti kaca, logam/metal (velg, bumper,dll).

Kontaminasi kotoran yang melekat kuat ini kadang tidak terlihat oleh mata, tapi  bisa dengan jelas di rasa dengan diraba menggunakan telapak tangan. Akan terasa kasar dan terdengar bunyi gesekan pada area yang terkontaminasi. Clay efektif membersihkan kontaminasi atau kotoran cipratan aspal dan debu rem yang biasanya terdapat di bagian fender, pintu dan bember di belakang roda. Selain itu bisa juga untuk membersihkan overspray vernish dan cat. Kontaminasi-kontaminasi tersebut akan hilang setelah di clay. Permukaan akan kembali halus sepeperti kaca dan tidak terdengar bunyi gesekan saat diraba. Dengan kondisi demikian maka mobil akan lebih siap kondisinya bila ingin dilanjutkan dengan poles/polishing untuk menghilangkan atau memperbaiki kerusakan ringan seperti baret-baret dan swirl marks. atau jika ingin langsung di wax atau sealant sebagai proteksi juga boleh.

Perlu diketahui bahwa clay bukan sebagai obat poles untuk menghilangkan baret-baret atau noda air yang mengoksidasi (jamur air biasanya kita sebut). Clay posisinya sebagai pembersih yang akan menyempurnakan hasil mencuci dan sebagai persiapan untuk menyempurnakan langkah polishing dan protection dan atau sebagai salah satu cara untuk merawat hasil poles agar selalu baik kondisinya. 

Bagaimana caranya?? pertama-tama basahin bagian bodi mobil yang mau dikerjakan dengan air/air shampo atau bisa sangat direkomendasikan menggunakan Quick Detailer/Clay Lubricant silahkan disesuaikan dengan budget anda. mulai claying secara perlahan tidak perlu menggunakan pressure, biarkan claynya bekerja untuk angkat kotorannya. setelah proses dekontaminasi selesai, coba raba permukaan, kalo udah halus berarti proses clayingnya sudah benar, terakhir keringkan permukaan dengan kain  microfiber. Claying umumnya 3-6 bulan sekali atau tergantung jam terbang mobil dan cuaca, musim hujan tentu anda akan sering melakukan tahapan ini.

Peralatan:
a. Claybar
b. Quick detailer/air sabun/clay lubricant
c. Microfiber towel

source : http://www.meguiarsonline.com, http://clay4car.blogspot.com/, http://www.modifikasi.com


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Hewijizian Corp
Copyright © 2014. Yudi Hewij Story - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template Published by Hewijizian Corp
Proudly powered by Blogger