Home » » Membeli Mobil Bekas dari Pedagang atau Pemilik Langsung?

Membeli Mobil Bekas dari Pedagang atau Pemilik Langsung?

Written By test on Monday, October 19, 2015 | 9:17 PM

 Maraknya pasar mobil bekas di tanah air terutama diperkotaan besar serta tingginya pertumbuhan pedagang mobil (showroom used car) baik resmi maupun non resmi membuat persaingan semakin ketat dan pedagang cenderung melakukan banyak cara atau bahkan segala cara untuk "memoles" dagangan agar bisa terlihat sekinclong mungkin, baik dari sisi eksterior, interior dan performa mesin. Sekarang ini sulit sekali membeli mobil bekas langsung dari pemilik, kesulitan anda akan bertambah apabila anda berniat membelinya secara cash/tunai, kenapa? Saya akan jelaskan secara detail. Tetapi sebelumnya secara umum peyedia mobil bekas terbagi menjadi 2 tipe, Pedagang/makelar/showroom mobkas dan Pemilik langsung. Berikut kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia jasa ini :

1. Pedagang/Makelar/Showroom Mobkas
Kelebihan membeli mobkas dari Pedagang/Showroom Mobkas :
  • Mobil umumnya dalam kondisi bersih dan rapi, eksterior maupun interior sudah dipoles dengan segala cara agar bisa tampak sebaik mungkin.
  • Mitos berkembang, klo mobil di showroom pastilah mobil dalam keadaan baik.
  • Mudah bagi yang ingin membeli mobkas dengan cara menyicil, karena umumnya pedagang mobkas sudah terafiliasi dengan leasing tertentu dengan syarat yang mudah.
  • Walaupun tidak lama, ada garansi dari pedagang, terutama pedagang yang resmi dan besar.
  • Dalam satu showroom/pedagang terdapat beberapa macam pilihan mobil dan selalu update.
  • Mudah ditemukan disemua lapak baik offline maupun online.
Kelemahan Pedagang/Showroom Mobkas 
Menurut saya kelemahan justru terletak pada usaha yang dihasilkan untuk mendapatkan kelebihan-kelebihan di atas, sebagai contoh :
  • Agar mobilnya terlihat kinclong terutama di bagian eksterior, pedagang akan berusaha merestorasinya terlebih dahulu dengan cara yang semakin hari semakin canggih, jadi jika anda awam atau kurang teliti, mobil bekas tabrakanpun tidak dapat terdeteksi. Untuk mengangkat kilap cat pada eksterior mobil, pedagang umumnya menggunakan rubbering compund atau yang sering dikenal compund putih yang bersifat sangat abbrasive/mengikis. Bisa jadi setelah dilakukan poles mobil akan terlihat kinclong, akan tetapi setelah mengalami pencucian beberapa kali, perlahan tapi pasti cat akan mengikis. Rubbering compund atau compound putih bisa kita nalogikan seperti amplas halus, yang teksturnya kalau dipegang kasar, cairan kimia didalamnya memang bisa mengkat wax yang masih tersisa pada cat, akan tetapi sifatnya abbrasive terhadap clear coat, perlahan tapi pasti cat mobil akan terlihat suram, jika tidak percaya silahkan praktekan pada bagian kecil mobil anda, ulangi gunakan compound apabila kilap sudah hilang secara terus menerus, dalam waktu yang tidak terlalu lama kilap cat mobil anda akan rusak secara permanen. sangat berbeda dengan cairan poles yang sifatnya WAX, hanya mengangkat/memanipulasi kilap tapi tidak mengikis cat. Anda bisa buktikan di semua lapak pedagang, terutama pedagang non resmi yang ada di Mangga D*a atau K*mayoran.
  • Terkait mitos memang ini sangat diandalkan oleh pedagang, seolah-olah berkembang opini jika mobil tidak bagus pedagang mobkas tidak mau. Ini anggapan yang salah, justru pedagang memanfaatkan kekurangan-kekurangan yang ada pada mobil yang ingin dibelinya menjadi nilai tawar, agar mendapatkan mobil dari pemilik dengan harga serendah-rendahnya. Setelah itu baru dilakukan restorasi-restorasi sampai mobil tersebut benar-benar siap didagangkan kembali. Apa saja restorasi yang biasa dilakukan : Menurunkan Odometer, memanipulasi bekas tabrakan, memperbaiki rembesan-rembesar, menambal kebocoran-kebocoran pada part tertentu, misal pada radiator yang daya tahannya hanya beberapa bulan bahkan beberapa minggu saja, dan masih banyak restorasi-restorasi lainnya. Restorasi selama bersifat memperbaiki tentu tidak masalah, akan jadi masalah jika restorasi dilakukan untuk "mengelabui/menipu/mengakali" calon pembeli, sebagai contoh yang paling umum dilakukan pedagang adalah "MENURUNKAN ODO METER" hal ini akan kita bahas di thread tersendiri nantinya, karena semakin hari akan semakin canggih juga cara pedagang melakukan hal ini.
  • Dipersulit bagi yang ingin cash/tunai kebalikan dari kelebihan di atas. Selisih harga dari nyicil dan cash minimal 10juta, tentu saja secara umum terlihat lebih murah nyicil, tapi apabila di total jenderal TDP + total angsuran anda, harga mobil akan berkali-kali lipat. Apabila Bank menerapkan bunga fix rata-rata antara 8.5% sd 11% pertahun flat, untuk leasing umumnya di angka 18% pertahun. luar biasa bukan?akan tetapi sekali lagi saya tekankan, bagi yang memilih membeli mobkas dengan cara mencicil tentu ini bukan masalah, sudah konsekuensinya dan anda juga akan sangat terbantu dengan kemudahan proses dan rendahnya TDP, yang paling penting KITA SADAR AKAN KONSEKUENSINYA.
  • Harga yang lebih tinggi dari pasaran, kalau ada yang murah anda patut curiga :)
2. Pemilik Langsung
Kelebihan membeli mobkas dari Pemilik Langsung :
  • Kondisi mobil baik interior maupun ekterior cenderung apa adanya, beruntung apabila kita mendapatkan mobil dari orang yang senang merawat mobil dan juga anak klub/komunitas, pada umumnya mereka lebih merawat mobil dibandingkan orang kebanyakan.
  • Walaupun ada tapi lebih sedikit yang dengan sengaja menurunkan odometer, anda bisa cek kondisi ini saat berkunjung ke rumah, jika penjual seorang bapak-bapak di perumahan cluster yang bagus dan berkeluarga, kemungkinan besar dia tidak ingin melakukan perbuatan tercela tersebut, ingat ya kemungkinan :).
  • Harga tentu lebih murah dibandingkan dengan harga pedagang, karena tidak perlu fee marketing, biaya restorasi yang berlebihan, biaya sewa lapak/shworoom, gaji pegawai, listrik, dll.
Kelemahan membeli mobkas dari Pemilik Langsung :
  • Karena kondisi cenderung apa adanya, maka siapkan spare dana untuk melakukan beberapa restorasi dan maintenance, ini juga berlaku pada pedagang tapi minimal yang kasat mata anda sudah tidak perlu keluar kocek lagi.
  • Kesulitan bagi yang ingin membeli mobkas dengan cara mencicil, karena umumnya pemilik langsung malas berhubungan dengan leasing.
  • Kesulitan mecari via lapak mobil bekas baik itu offline maupun online, karena umumnya lapak-lapak mobkas dikuasai oleh pedagang.
Demikian perbedaan mendasar apabila kita ingin membeli mobil bekas baik itu ke pedagang maupun ke pemilik langsung, jika anda memiliki cukup dana dan memilih untuk membeli secara cash/tunai, maka ada baiknya anda bersabar dan telaten mencari di lapak online maupun surat kabar untuk mencari pemilik langsung, karena jaminan harga yang kompetitif dan juga minim akan kecurangan (apa adanya). Selanjutnya kita akan bahas mengenai Tips dan Trik Membeli Mobil Bekas ini berlaku kesemua penjual baik pedagang maupun pemilik langsung, silahkan klik tautanya di sini.

Sekian, semoga bermanfaat. yhw

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Hewijizian Corp
Copyright © 2014. Yudi Hewij Story - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template Published by Hewijizian Corp
Proudly powered by Blogger